Example 728x250 Example 728x250
Hukum

Advokat DePA-RI Kalsel Dilantik, Luthfi Yazid: Integritas dan Optimisme Sangat Penting di Era Disrupsi Hukum

16
×

Advokat DePA-RI Kalsel Dilantik, Luthfi Yazid: Integritas dan Optimisme Sangat Penting di Era Disrupsi Hukum

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin – Dewan Pimpinan Pusat Pergerakan Advokat Republik Indonesia (DPP DePA-RI) melantik puluhan advokat baru wilayah Kalimantan Selatan bertempat di Treepark Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis, 19 September 2024 malam. Acara pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum DePA-RI, Dr (Cand.) TM Luthfi Yazid, SH, LL.M, C.I.L, C.L.I. dan dihadiri oleh para anggota majelis advokat. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat setempat.

Dalam pidatonya, Luthfi Yazid menekankan pentingnya menjaga integritas, profesionalisme, dan optimisme di tengah era disrupsi hukum akibat perkembangan teknologi. Ia mengajak para advokat untuk dapat beradaptasi dengan meningkatkan keterampilan dan memperkaya khazanah pengetahuan mereka.

“Profesi advokat adalah officium nobile (profesi terhormat) sehingga kita harus selalu belajar dan berinovasi,” tambah Luthfi, yang juga mengutip Albert Einstein: “Once you stop learning, you start dying.”

Luthfi berujar, semua hal tersebut menjadi modal penting dalam membentuk mentalitas, moral, dan karakter seorang advokat. Dalam konteks ini, Luthfi menegaskan bahwa tetap teguh pada prinsip moral yang dipegang adalah hal yang tak boleh ditawar, karena integritas adalah pondasi utama dalam profesi hukum di samping adaptabilitas.

Menurutnya, meskipun jumlah advokat profesional saat ini terus meningkat, namun tidak semuanya siap menghadapi berbagai tantangan yang ada, termasuk tekanan dari kemajuan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI). Di dunia hukum, misalnya, penggunaan AI kini disebut-sebut mulai diterapkan dalam pembuatan legal drafting dan opini hukum.

“Maraknya penggunaan AI bukanlah ancaman yang harus dihindari, melainkan kita jawab dengan kreativitas,” tutur Luthfi optimis.

Selain itu, Luthfi juga menyoroti pentingnya peran advokat DePA-RI dalam memberikan proteksi hukum atas kekayaan sumber daya alam dan budaya Kalimantan Selatan serta berkontribusi dalam membangun tatanan hukum yang adil bagi semua, tanpa terkecuali. Kendati sebagai organisasi advokat masih tergolong baru, DePA-RI terus menunjukkan eksistensinya, baik di dalam maupun luar negeri, dengan mengupayakan pengembangan profesi hukum dan peningkatan kualitas layanan hukum di Indonesia.

Di luar negeri, DePA-RI aktif berpartisipasi menangani berbagai kasus internasional. Baru-baru ini, bahkan organisasi advokat itu mengirimkan Wakil Ketua Umum mereka, Aziz Zein, ke Jepang untuk bekerja sama membantu KBRI Tokyo dalam menangani kasus penipuan yang melibatkan seorang WNI bernama Sastra Eliza. Eliza diduga melakukan penipuan terkait penawaran pekerjaan fiktif di Jepang hingga menimbulkan kerugian para korban sebesar lebih dari Rp 35 miliar. DePA-RI pun mengimbau, agar Eliza menyerahkan diri sebelum Interpol mengeluarkan red notice.

Sementara di tingkat nasional, DePA-RI senantiasa memperluas jaringan organisasinya. Pada bulan September 2024 ini, organisasi yang mengusung “Justitia Omnibus” atau “Keadilan untuk Semua” juga akan mengukuhkan pengurus DPD dan DPC di seluruh wilayah Jawa Tengah, mencakup tujuh kabupaten/kota. Kegiatan ini dilakukan dengan semangat gotong-royong sebagai nilai utama DePA-RI dalam mengembangkan ekosistem hukum yang lebih inklusif.

Untuk diketahui, sebelum pelantikan ini dilangsungkan, DePA-RI juga telah mengadakan pertemuan penting dengan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), Banjarmasin. Sekjen DePA-RI, Sugeng Aribowo, melakukan diskusi dengan Dekan Fakultas Hukum Unlam yang bertujuan untuk menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA). Program ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat guna mendukung peningkatan kualitas advokat di wilayah Kalimantan Selatan. (TIM/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250