Example 728x250 Example 728x250
Redaksi

Serahkan Berkas Calon Ke PAN, BK Menari Togal dan Cakalele

14
×

Serahkan Berkas Calon Ke PAN, BK Menari Togal dan Cakalele

Sebarkan artikel ini

Halsel, bedahnusantaraindonesia.com- Salah satu kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba kerap kali menampilkan musik dan tarian tradisional pada agenda penjaringan bakal calon Kepala Daerah di setiap pengembalian berkas ke Partai Politik.

Nampaknya Kearifan Lokal suda menjadi ciri khas Bahrain Kasuba sehingga dalam tahapan politik pun berbagai tarian dan musik tradisional di tampilkan Bahrain Kasuba, seperti Togal yang di ketahui cikal bakal orang Makian Kayoa dan Cakalele yang di identik dengan Tobelo Galela,

Bupati satu periode dengan masa bakti 2016-2020 itu, atas fanatismenya terhadap Kearifan Lokal sehingga bisa di lihat masa kepemimpinannya membangun beragam rumah adat di Halmahera Selatan, setidaknya rumah adat Bacan, Tobelo, Galela, Makian, Kayoa, Gane, Gorontalo, Bugis, Buton, Sanana, Tidore, Ternate, Arab dan Cina.

Tujuan pembangunan rumah adat tersebut merupakan simbol pemersatu warga masyarakat yang berdomisili di kabupaten Halmahera Selatan.

Pria yang juga mantan ketua DPRD Kabupaten Halmahera Selatan itu kembali mencalonkan diri Sebagai Bupati Halmahera Selatan Periode 2024-2029, Namun tetap saja fanatisme Kearifan Lokal masih melekat pada dirinya.

Tanpa Togal dan Cakalele Bukan Bahrain Kasuba Namanya, Pantawan media ini, dalam pengembalian berkas Calon Bupati Halmahera Selatan baik di Partai Gerindra, Demokrat, PDI-P dan PAN, Bahrain Kasuba selalu menampilkan tradisi atau budaya Tarian Togal dan Cakalele yang sudah tentunya memiliki nilai cipta, rasa dan karsa.

Bentuk Keseriusan Bahrain Kasuba untuk berkompetisi di Pilkada Halmahera Selatan dirinya bersama tim dan relawan sahabat Bahrain Kasuba (BK) menyerahkan Berkas Calon Bupati Ke Partai Amanat Nasional (PAN), Sabtu 27 April 2024, Desa Mandaong, Kecamatan Bacan Selatan.

Menariknya Bahrain Kasuba disambut tarian tradisional Togal dan Cakalele, Bahrain pun mengambil bagian dalam tarian tersebut.

Di kesempatan itu BK menyampaikan sebagai calon bupati Halmahera Selatan sudah tentu dirinya memiliki harapan di semua partai yang telah ia sambangi, mengingat dirinya secara langsung mengambil dan mengembalikan formulir tersebut tanpa menggunakan perwakilan.

“Sudah pasti kita memiliki harapan dan keyakinan, agar kedepan PAN memberikan rekomendasi ke kita, sebagai syarat mutlak untuk bisa ditetapkan sebagai calon kepala daerah yang dikeluarkan oleh DPP, karena sebagai bentuk keseriusan saya bersama relawan yang datang untuk mengambil dan menyerahkan berkas” sebutnya.

Dirinya sepenuhnya menyerahkan diri terhadap partai di bawah pimpinan Zulkifli Hasan itu, Untuk berkoalisi membangun Kabupaten Halmahera Selatan kedepan.

“Saya dan kita semua, tidak memunafikkan diri, saya sangat bergantung pada partai ini (PAN) sebagai kendaraan saya di pilkada kedepan untuk membangun Halmahera Selatan,” harapnya.

Sementara Itu, Ketua MPP, Jufri Ahmad, dalam kesempatan itu menyampaikan, Calon Bupati Halsel Bahrain Kasuba, adalah salah satu calon yang pertama mengembalikan berkas dari sekian calon yang mengambil formulir.

“Berkasnya dinyatakan lengkap dan diterima secara resmi,” ujarnya.

Lanjutnya, Walaupun semua telah memenuhi syarat untuk diverifikasi, namun pihaknya (DPD PAN) hanya sebatas mengusulkan, dan tidak bisa berbuat banyak terkait dengan keputusan yang akan diambil oleh partai nanti.

“Kami juga berharap, utusan Calon Bupati Bahrain Kasuba untuk membangun komunikasi yang baik, ditingkat DPD hingga DPP sehingga, Apapun perintah DPP, Insa Allah kami solid,” ungkap Jufri(Saifudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250