Example 728x250 Example 728x250
Redaksi

Alokasi Dana Desa Tersalurkan dengan Baik 2022 – 2023.

17
×

Alokasi Dana Desa Tersalurkan dengan Baik 2022 – 2023.

Sebarkan artikel ini

 

 

 

Sumut – Tapteng. bedahnusantaraindonesia.com- Desa  Hurlang Muara Nauli, terletak di Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Sebelum memasuki Desa ini kita akan melalui jalan rusak dan berlubang yang merupakan Desa Kolang Nauli, yang langsung berbatasan dengan Desa tersebut.

 

Desa ini  dipimpin oleh seorang Kades yang merupakan.putra daerah, Dolmar Situmeang (38), Visi – Misi yang mementingkan kepentingan rakyat,  membuat ia dapat menang dalam.pemilihan Kades 2022 lalu.

” pemerataan dan kesetaraan sosial, serta pembangunan yang berdampak langsung pada kehidupan masyarakat desa merupakan visi-misi saya pada pemilihan kades 2 tahun.yang lalu, yang buat saya menduduki jabatan kades, dan itu saya buktikan,” ucapnya dengan tegas.

Apalagi Desa Hurlang Muara ini belum mempunyai Pemakaman umum dan itu target saya untuk dapat terealisasikan selama saya menjabat kades tambahnya.

Penduduk Desa Hurlang Muara Nauli, ada sekitar 2000 Jiwa, yang hampir semua masyarakatnya tergantung dari hasil pertanian, peternakan dan perkebunan, dan ada juga sebagian pengusaha, nelayan dan beberapa ASN.

Anggaran Dana Desa 2022, khusus BLT jumlah warga yang menerima ada 85 KPM (Keluarga Penerima Manfaat), dan dibagi dengan orang berbeda, ini adalah merupakan kebijaksanaan Kades agar semua warga merata mendapatkan bantuan. Untuk ketahan pangan, ada pengadaan bibit padi, jagung, terong, bayam semua mendapat tergantung pilihan warga, pembangunan fisik tidak ada karena anggaran kurang.

Untuk Anggaran Dana Desa 2023, BLT dibagi dalam 3 tahap, 75 KK per satu tahap, khusus tahap 4 diberikan kepada warga yang belum menerima, untuk ketahanan pangan, ada pembagian bibit sawit 5 pokok per KK, untuk yang tidak mendapatkan BLT ada dibagikan bibit ayam kampung, pembangunan fiisik ada, pembangunan jalan Usaha Tani, sepanjang 200 meter, dan dikerjakan dengan Swadaya masyarakat dan sudah selesai, untuk Posyandu semua berjalan dengan baik.

” semua data-data dan bukti pembagian BLT, segala pelaksanaan program ada bukti dan anggaran semua jelas tertulis,” tegasnya, sembari menunjukan berkas, ” boleh diperiksa,” tambahnya.

Kemudian Kades juga menjelaskan untuk  anggaran 2024, BLT sudah dibagikan, sebanyak 30 KPM, Pembangunan fisik, rabat beton 200 meter dan sudah selesai, sekarang dalam pengerjaan rabat beton  sepanjang 600 meter, lebar 1 meter, pembangunan jalan usaha tani ini, merupakan akses jalan ke kebun masyarakat.

“Segala keputusan yang diambil merupakan hasil dari Musrembang Desa, yang mana masyarakat, aparat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat di undang untuk duduk bersama dalam mengambil satu keputusan,” tambahnya.

“Kades juga menambahkan kiranya masyarakat tetap mengawasi dan ikut berperan aktif memberika solusi dan masukan demi kemajuan Desa Hurlangmuara Nauli,” tutupnya. (Jasman J.Mendrofa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Example 728x250 Example 728x250 Example 728x250